Cara Melamar Kerja – 21 Tips Mudah Agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Didunia yang serba canggih ini, didunia teknologi ini kita seakan dimudahkan dengan kecanggihan teknologi, seakan-akan pekerjaan yang begitu susahnya menjadi mudah, contonya pada saat kita ingin melamar pekerjaan, kita bisa melamar pekerjaan secara online tanpa harus mengirim surat lamaran kerja kita melalui pos. kita bisa melamar kerja lewat email, kita bisa melamar kerja online.

namun dari kemajuan teknologi ini banyak diantara kita yang masih kebingungan, entah karena gaptek atau karena takut mencoba. tidak sedikit dari kita yang masih kesulitan dalam melamar kerja secara online dan melamar kerja lewat email.

di negara kita indonesia sangatlah sulit untuk mendapatkan pekerjaan, entah karena kita yang salah melamar pekerjaannya atau memang perusahaan tidak membutuhkan kita. agar kita tidak ragu dengan lamaran kerja kita maka disini kita akan belajar tips cepat mendapat pekejaan.

1. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam melamar kerja adalah mencari sumber informasi lowongan seperti lokernesia.net

2.Langkah kedua, memilih lowongan kerja.

pilih lowongan kerja yang sesuai dengan kemampuan anda. dan juga perlu anda lakukan yaitu :

a. Mencari informasi mengenai posisi yang akan dipilih.

b. Mencari informasi mengenai perusahaan pemberi kerja

c. Sebaiknya tidak memaksakan diri untuk suatu jabatan.

d. Kesesuaian antara keadaaan diri dengan persyaratan jabatan.

3. membuat surat lamaran.

Pastikan surat ini khusus untuk perusahaan dan pekerjaan yang Anda inginkan. Jika memungkinkan, tujukan surat lamaran ke nama kontak tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa Anda sudah mencari informasi dan tidak hanya mengirim surat lamaran dalam jumlah banyak ke perusahaan apapun yang Anda jumpai. Pertimbangkan membahas topik-topik berikut dalam surat lamaran Anda:

  • Bagaimana kepribadian dan misi perusahaan sejalan dengan nilai-nilai Anda sendiri.
  • Bagaimana latar belakang Anda membuat Anda menjadi aset berharga bagi jabatan dan bagi perusahaan.
  • Apa yang Anda ingin capai dengan bekerja pada posisi tersebut.
  • Apa bakat unik yang akan Anda berikan pada posisi tersebut.
  • Apa yang membuat Anda tertarik secara spesifik terhadap posisi tersebut.

Perhatikan dalam pembuatan surat lamaran, seperti:

a. Kertas berwarna netral

b. Jenis dan ukuran font standard

c. Ukurann kertas A4

d. Surat lamaran dan daftar riwayat hidup diketik rapi, ringkas dan jelas (cantumkan posisi yang dituju, tanggal & tanda tangan, alamat & tempat tinggal, no telp yang dapat dihubungi dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti).
4. Buat Daftar Riwayat Hidup (Resume)

Bahkan jika pekerjaan yang Anda inginkan tidak memerlukan pengajuan resume sebagaimana biasanya, memiliki resume yang up-to-date sangat dianjurkan. Resume tidak hanya menguraikan pendidikan dan riwayat kerja, tetapi juga dapat menunjukkan proyek-proyek tertentu yang sudah Anda kerjakan atau penghargaan yang Anda terima. Informasi yang Anda masukkan ke dalam resume meliputi:

Lihat -   10 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar
  • Informasi kontak Anda saat ini, termasuk nama , nomor telepon, alamat rumah, dan alamat email.
  • Latar belakang pendidikan Anda. Cantumkan perguruan tinggi yang pernah anda masuki (mulai dengan yang terbaru), tahun kemasukan, dan setiap tingkatan atau sertifikat yang diterima. Anda dapat memasukkan program studi Anda.
  • Riwayat kerja Anda selama beberapa tahun terakhir. Aturan tidak resmi ialah satu halaman resume untuk periode sepuluh tahun pengalaman kerja. Hati-hati dengan perbedaan waktu yang cukup besar antara satu pekerjaan dengan yang lainnya, atau beberapa pekerjaan dalam waktu singkat, hal tersebut mungkin akan dipertanyakan dalam sebuah wawancara. Pastikan untuk menuliskan tanggal bekerja, nama perusahaan, jabatan Anda, dan deskripsi singkat mengenai kegiatan Anda.
  • Keterampilan yang relevan. Ini adalah kesempatan Anda untuk menuliskan semua keterampilan yang Anda peroleh selama bertahun-tahun. Pengetahuan tentang peralatan kantor, sistem operasi komputer, program perangkat lunak (seperti Microsoft Office Suite atau Adobe Creative Suite), kecepatan mengetik, pengalaman basis data, dan informasi lain yang relevan harus disertakan dalam resume Anda.

5. Hubungi perusahaan untuk bertanya tentang proses aplikasi.

Kemungkinan telepon Anda akan diteruskan ke bagian perekrutan atau manajer sumber daya manusia. Jika mereka memiliki lowongan, mereka akan meminta Anda untuk datang mengisi aplikasi atau mengirimkan resume dan surat lamaran melalui surat atau e-mail. Pastikan untuk mencatat nama kontak tersebut, dan berkomunikasi selalu dengan orang tersebut di lain waktu jika Anda memerlukannya.

6. Melamar kerja.

Setelah Anda membuat resume dan surat lamaran, sekarang saatnya untuk memulai proses melamar kerja. Aplikasi biasanya disampaikan dengan salah satu dari tiga cara:

  • Hadir langsung di tempat. Membawa paket yang berisi semua bahan lamaran Anda ke tempat kerja. Hal ini memungkinkan manajer untuk mengenal wajah dan nama Anda. Anda disarankan berpakaian profesional dan berpenampilan baik.
  • Online. Melamar Kerja Secara online bervariasi – beberapa mungkin meminta Anda untuk mengisi kolom, sementara yang lain mungkin mengharuskan Anda mengirimkan dokumen PDF surat lamaran dan resume Anda. Beberapa perusahaan meminta Anda melamar kerja melalui email bahan lamaran Anda ke departemen sumber daya manusia mereka. Penting untuk mengikuti petunjuk – jika mereka meminta Anda mengirimkan resume Anda melalui email, jangan mengirim lampiran!
  • Melalui surat. Jika diminta, pastikan untuk menyertakan nama manajer perekrutan atau SDM pada semua korespondensi. Pastikan Anda mengirimnya dengan jumlah prangko yang tepat sesuai dengan berat paket aplikasi Anda.

Berbicara soal penampilan sangatlah penting karena penampilan anda adalah hal yang pertama dilihat oleh interviewer. Pakailah pakaian rapih (formal & nyaman), menggunakan sepatu tertutup, datang dengan aroma tubuh yang segar, tidak bau mulut dan rapihkan kuku. Berikut tips penampilan Interview Kerja berdasarkan jenis kelamin

Lihat -   10 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

a. Penampilan untuk pria

1. Menggunakan kemeja lengan panjang dengan warna soft dan celana warna gelap.

2. Cocokan dasi dengan kemeja yang akan dipakai.

3. Menggunakan sepatu pantofel dengan kaos kaki warna hitam (gelap).

b. Penampilan untuk wanita

1. Menggunakan kemeja warna soft dan memakai blezer dengan warna hitam (gelap).

2. Hindari menggunakan warna yang mencolok.

3. Pakailah make up tapi jangan berlebihan (bedak, lipstick, blason, eyeliner).

4. Tatanan rambut yang rapih.

5. Menggunakan sepatu pantofel dengan tinggi 5cm.

7. Body language

Saat memasuki ruangan berjalan dengan tubuh tegap, gaya yang anggun dan kedua tangan mengibas dengan bebas. Sodorkan tangan (sambil tersenyum) terlebih dahulu pada saat menawarkan. Sapalah interviewer dengan Bapak/Ibu dan jangan duduk sebelum di persilahkan.

8. Sikap berdiri & sikap duduk

a. Sikap berdiri

1. Badan tegap & tidak bungkuk.

2. Sikap siaga kedua tangan disamping dan pandangan ke depan (kontak mata).

3. Tidak ada gerakan tangan tambahan (menggaruk).

b. Sikap duduk

1. Badan tetap tegap saat duduk.

2. Posisi tidak menyender di bangku belakang.

3. Tangan dibawah jangan diatas meja.

4. Pandanga ke depan (kontak mata).

5. Bicaralah yang rileks dengan intonasi suara yang tepat sesuai situasi.

Beberapa tips dibawah ini juga sangat dipertimbangkan untuk kesuksesan anda di masa depan.
9. Cari perusahaan yang memiliki nama di bidangnya. Bukan hanya sekedar untuk gaya atau gengsi, bekerja di perusahaan terkenal dan bereputasi baik, Anda akan lebih mudah untuk mencapai kesejahteraan dan karir maksimal.

10. Perkembangan industri juga akan menentukan kemajuan karier Anda. Carilah peluang industri yang tengah berkembang, sehingga kesempatan kerja akan lebih mudah didapatkan.

11. Pemilihan lokasi juga menentukan. Ibaratnya, sama seperti Anda memilih lokasi dalam berdagang. Pilihlah perusahaan yang memiliki kantor di lokasi yang sedang berkembang.

12. Anda bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah, ketika memiliki jaringan yang kuat. Salah satu cara paling mudah untuk memperluas jaringan adalah bergabung dengan kelompok industri lokal di daerah Anda.

13. Tanyakan kepada orang lebih berpengalaman bekerja di bidang yang akan Anda pilih. Dengan begitu Anda akan mendapatkan beberapa referensi perusahaan yang seharusnya akan Anda pinang. Selain itu, Anda akan lebih mengetahui apa saja persyaratan yang harus Anda persiapkan.

14. Jangan pakasa diri Anda untuk mendapatkan pekerjaan diluar kemampuan Anda karena gaji yang ditawarkan, ini akan menjadi boomerang, karena pekerjaan itu bukan beban tetapi sebuah kecintaan

Berikut ini juga harus jadi pertimbangan agar lamaran kerja anda cepat diterima

Lihat -   10 Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Berikut, alasan yang bisa membuat Anda sering ditolak saat melamar kerja:

15. Anda meminta gaji terlalu tinggi

Banyak penelitian yang menunjukkan sejumlah pengusaha berusaha menekan pendapatannya dengan mengurangi gaji pegawai. Faktanya, banyak orang yang akhirnya ditolak saat melamar kerja karena mengajukan gaji yang terlalu tinggi pada perusahaan.

16. Tidak mempersiapkan diri

Meski banyak orang menganggapnya sebagai hal mudah, tapi wawancara dan tes kerja tidak boleh dianggap sepele.

Anda harus belajar memenuhi pengetahuan pribadi tentang bidang yang diminati, lalu berlatihlah berkomunikasi dengan teman untuk mengetahui sejauh mana potensi yang dimiliki agar bisa diterima bekerja.

Hati-hati, salah satu kesalahan orang hingga tidak diterima kerja adalah karena kurang mempersiapkan diri.

17. Tidak mampu berkomunikasi dengan baik

Saat tengah mengikuti wawancara jangan membuat pihak perusahaan bingung dengan sejumlah jawaban yang Anda lontarkan. Jika ditanya, jawab dengan singkat dan jelas. Jangan berbicara berputar-putar dengan jawaban yang rancu.

Sulit berkomunikasi dengan baik membuat perusahaan dengan segera menolak Anda. Tapi jika beruntung, Anda bisa saja diterima. Siap-siap saja, tak lama kemudian akan dikeluarkan.

18. Hasil wawancara kerja yang buruk

Jangan senang dulu saat menerima panggilan dari sebuah perusahaan. Kadang, hasil wawancara Anda yang justru membuat tidak diterima saat melamar kerja.

Banyak atasan yang tidak suka dengan calon pegawai yang banyak bicara dan suka berdebat. Ingat, perusahaan mencari orang yang bisa bekerja sama dalam tim.

19. Penampilan yang tidak menarik

Kesan pertama kadang memang bisa menjadi salah satu faktor penentu diterima atau tidaknya Anda di sebuah perusahaan. Saat Anda melamar pekerjaan dengan pakaian tidak rapih, bertato dan rambut gondrong, perusahaan akan berpikir dua kali untuk merekrut Anda.

20. Kemampuan Anda terlalu baik

Secara realistis, perusahaan akan menolak para pegawai yang memiliki kualifikasi kerja terlalu tinggi. Bayangkan saja, sebagian atasan tentu akan menolak para pegawai yang memiliki pengalaman kerja jauh lebih lama darinya dan keterampilan lebih unggul.

21. Yang Terakhir berdo’a

ya jangan lupa berdoa kepada Allah supaya lamaran kerja anda diterima

nah itulah Cara Melamar Kerja – 21 Tips Mudah Agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan yang dikumpulkan dari berbagai sumber sebagai bahan memudahkan kita mendapat pekerjaan.

Informasi Loker

Leave your thoughts

Jobs Counter

Arsip

Recent Jobs

Spotlite Advertising bergerak dibidang reklame dan digital printing membutuhkan telemarketing yang berpengalaman Tanggung Jawab Pekerjaan : Menangani customer, mencari client baru, membuat surat penawaran, dll. Syarat Pengalaman : Minimal 1 tahun ...
Free WordPress Themes